-->
Home » , » Tips and Trick for CIA Exam

Tips and Trick for CIA Exam

Written By Yulias Sihombing on Tuesday, June 17, 2014 | 5:20 PM


I was motivated to make this posting after considering and answering some questions from my friends related to tips and trick how to pass CIA Exam, quickly. Based on data and my observation, the rate of being pass in CIA Exam, from examinees which came from my office and from internal audit of state owned enterprises (SOE) is around  +/- 10% - 20%. The low rate indicates how difficult to pass CIA Exam.
I will try to share tips and triks to be able to pass CIA Exam, in 4 months after registration. This tips and triks which I want to share, is came from my own experiences. What materials should we study? How to study those material?

Tips and Trick for CIA Exam

1. General


  • Secara umum, materi yang diuji dalam ujian CIA adalah pemahaman kita terkait konsep dan penerapan Governance, Risk, dan Control. Jadi, saat belajar materi silabus CIA, jangan hanya dibaca, tapi juga pahami apa maksud dari materi tersebut secara umum, dan kaitkan dengan materi lain. Sebagian pertanyaan ujian ada yang bersifat teknis (misal pertanyaan: metode sampling apa yang diterapkan saat melakukan pengujian efektifitas internal kontrol) dan ada yang menguji pemahaman (misal: saat ada permintaan bantuan konsultasi di pertengahan tahun oleh Manajemen kepada Internal Audit, apa yang CAE harus lakukan pertama kali atas permitaan tersebut).
  • Tips umum lainnya, materi -materi untuk silabus CIA sebagian besar berbahasa Inggris (maklum karena IIA kan untuk level international), jadi kawan-2 juga mesti memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Setidaknya kita punya TOEFL minimal 500, supaya mampu dengan cepat memahami materi. Tapi saat daftar ujian nanti kita bisa milih mau ujian pake Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Saya sih rekomendasikan pake Bahasa Indonesia aja, karena kalo pilih opsi Bahasa Indonesia, kita tetap diberikan versi soal yang Bahasa Inggris juga dalam jendela terpisah.
  • Ujian dengan format Computer Based Testing, dan ada kamera CCTV di tiap meja ujian, jadi jangan pernah berpikir bisa nyontek. Seluruh bawaan kita (dompet, kunci, pulpen, kalkulator, semuanya ditinggal, hanya tersisa celana dan baju saja) disimpan dalam locker. Untuk lokasi ujian di Jakarta ada di Lab Komputer UI, Salemba, tepatnya di Pearson Vue. Ada juga lokasi lain seperti di Surabaya, tapi detail kota dan tempatnya bisa di tanya ke IIA Chapter Indonesia.Jawab semua soal, kalo ga tau ya... nembak aja, karena tidak ada pengurangan nilai kalo salah. Selain itu, manajemen waktu sangat penting. Mengerjakan soal Latihan Gleim juga melatih kita dalam manajemen waktu. Kalo dah selesai menjawab semua soal ujian, dan masih ada waktu, cek kembali jawaban kita. Jangan keluar sebelum waktu habis, gunakan waktu yang ada semaksimal mungkin.
  • Berdasarkan pengalaman saya, dan berdasarkan saran-2 dari IAPI (untuk ujian CPA), calon peserta sebaiknya menggunakan waktu +/- 3 jam per hari untuk yang belajar materi ujian, selama minimal 20 minggu. Kalo saya dulu, sediakan waktu 4 jam sehari, yaitu 30 menit mulai mulai 09.00, terus 1 jam saat 12.00 - 13.00, dan terus 30 menit mulai jam 15.00, dan 2 jam saat malem hari di rumah. Hal ini saya lakukan selama 4 bulan (16 minggu). Materi yang dipelajari pun diatur sedemikian rupa sesuai dengan jadwal terdekat materi yang akan diuji. Misal Pagi belajar Part 1, Siang Part 2, Sore Part 3, dan Malem Part 4. Khusus hari sabtu - minggu, perbanyak jumlah waktu belajarnya, kurangi piknik di hari sabtu - minggu. Kalaupun terpaksa menemani keluarga untuk piknik, coba tetap bawa Buku saat piknik, saat keluarga senang-2, ya... kita baca buku.
  • Tips dan trik ini direkomendasikan bagi kita yang tingkat kompetensinya rata-2 dan tidak berlaku bagi yang jenius. Asumsikan diri anda ga tau apa-2, karena kalo anda anggap udah tau, maka minat / semangat belajar anda akan berkurang. Jangan overconfidence atas kemampuan diri anda dan juga jangan underestimate tingkat kesulitan soal ujian. Hal lain yang perlu diketahui, Standar IIA diformulasikan dari hasil kajian beberapa best practice around the world. Nah ada cukup banyak practice internal audit yang umum berlaku di Indonesia, tapi tidak sesuai dengan standar IIA. Jadi, walaupun anda adalah praktisi berpengalaman dan diakui expert menurut versi Indonesia, jangan menganggap apa yang anda ketahui sudah sesuai standar IIA. Misal: di Indonesia, Kepala SPI bertanggung jawab kepada Direktur Utama, tapi menurut Standar IIA, untuk membentuk tata kelola yang baik dan untuk menjaga independensi fungsi Internal Audit, auditor bertanggung jawab secara fungsional ke Board/ Komite Audit dan secara administratif kepada CEO (update 19/9/2014).
  • Ikut Review CIA. Manfaat yang diperoleh dari Review CIA: selain untuk memperdalam materi ujian, kita juga peroleh tips dan trik dari pengajar yang telah berpengalaman, kita punya lingkungan yang memiliki tujuan yang sama dan kita juga dapat teman-teman yang bisa untuk sharing beban/ biaya. 
  • Jadi member IIA sebelum daftar ujian atau membeli materi, karena akan lebih hemat dari charge non-member.

Biaya:
Certification Fee Structure, Effective Jan-1-2014





Member​ Non-member​ Student/



Professor​
Application Fee​ (Per Program)  US $100   US $200   US $50​ 
CIA® Exam Part Fee​, Four-part Exam****  US $150​   US $200​   US $105​ 
​CIA® Exam Part Fee, Three-part Exam, Part 1 only  ​US $250   US $350​   US $200​ 
​CIA® Exam Part Fee,​ Three-part Exam, Parts 2 and 3 only  ​US $200   ​US $300   ​US $150 
Specialty Exam Part Fee  US $350​   US $450​   N/A 
(CGAP®, CFSA®, CCSA®, CRMA®)


Exam Part Registration Extension Fee


30 days**  US $50​   US $50​   US $50​ 
60 days**  US $75   US $75   US $75 
90 days**  US $100​   US $100   US $100 
​Exam Reschedule/Cancel Fee***  ​US $75   ​US $75   ​US $75 
CPE Reporting Fee​*  N/A​   US $100​   N/A​ 
CPE Reporting Fee​* (Specialty, per designation)  N/A   US $100​   N/A​ 




* Members of North America enjoy the member benefit of CPE reporting fees included in their membership fees. CPE reporting fees may vary globally and if you report CPE directly to The IIA through CCMS or through your local institute. If you are not a North American member please check with your local institute for pricing.
** These fees are due when an exam part is rescheduled after an initial appointment is made. Note: This is for the three-part exam only and you may only extend one time per exam part during your entire eligibility period.
*** This fee is paid directly to Pearson VUE.
**** The four-part exam will only be available in select languages.

2. Apa Sih yang Mesti Dipelajari


Mulai tahun 2013, ujian CIA berubah dari 4-part menjadi 3-part, dengan syllabus sbb:

Part 1: Internal Audit Basics

  • Mandatory Guidance (porsi soal: 35% - 45%)
  • Internal Control and Risk (porsi soal: 25% - 35%)
  • Conducting Internal Audit Engagements—Audit Tools and Techniques (porsi soal: 28% - 38%)

Part 2: Internal Audit Practice

  • Managing the Internal Audit Function (porsi soal: 40% - 50%)
  • Managing Individual Engagements (porsi soal: 40% - 50%)
  • Fraud Risks and Controls (porsi soal: 5% -15%)

Part 3: Internal Audit Knowledge Elements

  • Governance/Business Ethics (porsi soal: 5% - 15%)
  • Risk Management (porsi soal: 10% - 20%)
  • Organizational Structure/Business Process and Risks (porsi soal: 15% - 25%)
  • Communication (porsi soal: 5% to 10%)
  • Management/Leadership Principles (porsi soal: 10% - 20%)
  • IT/Business Continuity (porsi soal: 15% to 25%)
  • Global Business Environment (porsi soal: 0% - 10%)

3. Buku Apa Saja yang Kudu Dipelajari

Referensi utama saya saat persiapan ujian adalah
a. IPPF (Standard, Kode Etik, dan Practice Advisories)
b. Buku CIA Learning System.
c. Paket Gleim (Book, Audio, Latihan Soal)
d. Buku dan Referensi lain yang terkait dengan sylabus.

IPPF dan CIA Learning System saya pelajari secara bersamaan. Saya baca dulu CIA Learning System untuk satu Seksi, kemudian saya baca Standard dan Practice Advisories terkait Seksi itu. Lalu, latihan soal Gleim, Baca Buku Gleim, dan baca referensi lainnya.
Pembahasan dalam Buku CIA Learning System bersifat uraian materi. Saat kita kesulitan memahami maksud dari suatu materi di Buku tersebut, coba browsing internet untuk mencari dan baca artikel-artikel terkait materi tersebut, sampai dengan kita benar-benar paham.
Contoh sederhana, misal terkait materi IT, di Buku dijelaskan apa itu router. Kalo kita sangat awam IT, kita akan kesulitan memahami apa itu router, nah supaya menambah pemahaman, kita sebaiknya browsing ke internet mencari artikel terkait router dan juga cari foto fisik router (saya biasanya prefer merujuk ke wikipedia, selain karena penjelasan sederhana, juga di wiki sering dilengkapi dengan gambar untuk mempermudah pemahaman).
Selain itu, ada juga materi yang membahas suatu proses (misal materi IT terkait proses encryption), karena pembahasan di Buku CIA berbentuk uraian maka biasanya kita agak kesulitan memahaminya. Nah, untuk memudahkan pemahaman kita terkait, misal,  proses encryption, ada bagusnya kita; coba browsing gambar-gambar terkait proses encryption.

a. IPPF (Minimal baca Standard, Kode Etik, dan Practice Advisories)

Banyak soal ujian yang menguji pemahaman (bukan hapalan ya....) kita terkait pernyataan dalam Standard, Kode Etik, dan juga Practice Advisories. Nah, jadi ..., ketiga bahan tersebut penting banget untuk dipahami. Standards, Kode Etik, dan Definisi Internal Audit dapat di download gratis dari http://www.theiia.org.
Practice Advisories,  Practice Guides, dan Position Papers hanya dapat didownload oleh member IIA dari http://www.theiia.org.

How to understand IPPF?

Saya mencoba membuat ringkasan apa sih isi Standard, kemudian buat juga ringkasan interprestasi dari masing-masing Standard. Lalu, bagaimana practice advisories-nya terkait Standard tersebut. Untuk kode etik, saya mencoba memahami konsep-nya aja. Uraian kode etik IIA tidak banyak, dan cenderung fleksibel. Jadi, kita cukup paham saja arah dan tujuan dari Kode Etik itu sendiri.
Selain itu, coba pahami standar-standar secara utuh/ keseluruhan, karena setiap standar itu terkait dengan standar lainnya. Contoh pertanyaan ujian, apa yang pertama kali Kepala SPI harus lakukan ketika di pertengahan tahun, mendapatkan permintaan bantuan penugasan konsultasi dari Manajemen? bagaimana juga jika permintaan penugasan tersebut bukan konsultasi, tapi investigasi? Jawaban atas pertanyaan ini menguji pemahaman kita terkait Perencanaan Audit, konsep Risk-Based Internal Audit, dan juga governance.

b. CIA Learning System.

  • Buku CIA Learning System berisi ringkasan materi-materi yang akan diujikan. Karena disusun oleh IIA, maka Buku ini bagus banget buat referensi utama. Sama dengan cara pahami IPPF, saya juga membuat ringkasan/ semacam footnote dalam tiap paragrap dan tiap lembar halaman Buku CIA Learning System.
  • Yang perlu diingat, Buku CIA Learning System ini sudah berupa ringkasan, jadi kawan-2 perlu memperdalam dan memperluas pemahaman materi dari referensi lain. Gampangnya, ya ... baca lagi IPPF, googling, atau baca buku lainnya.
  • Buku ini highly recommended untuk diperoleh. Kalo kawan-2 tertarik untuk mendapatkan buku ini, kalian dapat beli di:
http://www.theiia.org/bookstore.
http://www.learncia.com
Harganya? (belum biaya transfer ya.....)
Komplit: IIA CIA Learning System: Self-Study Full Kit (3-Part Exam) = $895.00.
Part per Part: IIA CIA Learning System: Self-Study Part 1, 2, 3 (3-Part Exam) = $325.00 / per Part.
IIA Member save up to $100
Saran saya sih beli yang komplit. Koq mahal ya....? Gimana caranya biar bisa dapet Buku tapi ga mahal....? Nah itulah salah satu gunanya kalo kawan-2 ikut Kelas Reviu, bisa ketemu kawan-2 lain yang juga akan ikut ujian, jadi bisa sharing beban/ biaya.

c. Paket Gleim (Book, Audio Review, Soal Latihan)

  • Paket Gleim yang saya dapat dulu terdiri dari Buku Materi Gleim dan Soal Latihan Gleim. Buku Materi Gleim lebih ringkas (bahkan sangat ringkas) dari materi di Buku CIA Learning System. Ada materi yang ada di CIA Learning System tapi di Buku Gleim ga ada, atau sebaliknya. Untuk soal latiham, ada lebih dari 3000 soal latihan (dulu untuk 4 Parts Exam, lebih dari 4000 soal) dan pembahasan jawaban. Soal latihan Gleim berasal dari soal ujian CIA, CPA, dan CMA tahun-tahun sebelumnya, dan ada juga soal yang di-create oleh publiher (Gleim) sendiri.
  • Setelah pelajari Seksi tertentu dari Buku CIA Learning System, saya coba latihan Soal Latihan Gleim terkait materi tersebut, yang ada di Paket Gleim Book. Selain untuk menguji hasil belajar Seksi tersebut dari Buku CIA Learning System dan untuk memperkirakan materi / arah ujian, latihan juga melatih kita untuk mengelola manajemen waktu dan bermanfaat untuk menghindari rasa bosan baca buku.
  • Untuk latihan soal Gleim dan pembahasan jawaban urutan latihannya disesuaikan dengan materi yang telah kita pelajari. Seluruh soal latihan mesti kita selesaikan ya..., kalo bisa kita ulang lagi. Cara latihannya, baca soal, coba jawab sambil kita tutup bagian pembahasan jawaban. Setiap bahasan jawaban, kita baca dan pahami semua pembahasan jawaban A, B, C, dan D (misal kenapa jawaban A benar, kenapa jawaban B, C, D salah). Lalu kita cari referensi / rujukan pembahasan semua jawaban A, B, C, dan D, di Buku CIA Learning System, Buku Materi Gleim, Mencari referensi tambahan (misal dari artikel di internet) jadi wajib terutama kalo jawaban kita salah atau benar tapi hasil nembak.
  • Selelah selesai semua Baca CIA Learning System dan Latihan Soal Gleim, lalu baca Buku Materi Gleim. Ulang lagi latihan-latihan soal di Buku Gleim dan di Latihan Gleim.
  • Paket Gleim juga highly recommended, dan kalo tertarik dapat diperoleh di:

http://www.gleim.com/
GLEIM CIA Parts 1, 2, 3 Review System: Books, Test Prep, Audio Review, Gleim Online, & Exam Rehearsals, Read full description.
  • Over 3,000 unique multiple-choice questions
  • Retail $1,199.50
  • Package Price $724.95
  • CIA Parts 1, 2, 3 (Books Test Prep) - New 3-Part Exam
  • Also Available per Part, $359.85.

d. Materi Tambahan Lainnya yang perlu dipahami:
  • COSO ERM
  • Referensi Buku-Buku yang terkait dengan silabus ujian.
  • Diskusi dengan kawan yang ahli di bidang terkait.
  • Browsing materi terkait. Baik anda sudah paham atau belum paham atas suatu materi, ada baiknya jika ada tetap memperkaya pemahaman anda dengan cara mempelajari artikel terkait lainnya di internet. Agar dapat mudah dalam memahamai suatu materi, browsing visual gambar/ video terkait materi akan sangat membantu.
4. Setelah semua materi dibaca dan dipahami, sebelum ujian jangan lupa untuk banya berdoa dan minta restu dari keluarga (ortu, bini, anak, dan juga tetangga). Juga jaga kesehatan, karena kalo mundurkan waktu ujian karena alasan sakit atau lainnya, akan dikenakan biaya.

Semoga Bermanfaat dan Good Luck.
Share this article :

8 comments:

  1. Pak Yulias, saya Choirul PT Badak. Dulu pernah Pak Yulias ajar di YPIA. Saya temannya Pak Nugroho ex Antam. Pak, minta CP nya dong Pak...Mau tanya terkait CIA ini, mau ambil CIA tapi masih banyak ndak taunya. Modul dll. Terima kasih.

    ReplyDelete
  2. Email aja pak ke yuliascaesar.bpkp@yahoo.com atau dewandiva@gmail.com, kalo PM, saya lebih nyaman diskusi melalui email, mudah-2 an saya bisa bantu

    ReplyDelete
  3. saya punya teman sudah lulus CIA tahun 2014 dan dia belajar dari gleim 13th edition, skr saya lagi belajar nih, apakah masih oke untuk belajar dari gleim tsb?

    ReplyDelete
  4. gleim terbaru ada perbaikan minor, yg mayor terkait sistematika penyajian, tapi perbanyak referensi, jangan hanya gleim

    ReplyDelete
  5. Salam hormat Pak Yulius. Perkenalkan sy Arfian. Sbnarnya sy ingin ikut class d UI utk CIA review, namun wkt tdk memungkinkan. Apakah dengan membaca materi dr Gleim cukup atau plu dtambah dengan CIA Learning system?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  6. Salam hormat Pak Yulius. Perkenalkan sy Arfian. Sbnarnya sy ingin ikut class d UI utk CIA review, namun wkt tdk memungkinkan. Apakah dengan membaca materi dr Gleim cukup atau plu dtambah dengan CIA Learning system?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran saya, semakin banyak baca semakin bagus..., cukup atau tidak relatif... Buku yang wajib sih pasti CIA learning system, tambahannya Gleim, + + referensi-2 lainnya...

      Delete

Total Pageviews

  • Posts
  • Comments
  • Pageviews



 
Support : IIA Website | CPA Room | Your Link
Copyright © 2015. Internal Auditor's Corner - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger