-->
Home » » Akuntansi dan Pelaporan Keuangan - 1

Akuntansi dan Pelaporan Keuangan - 1

Written By Yulias Sihombing on Tuesday, October 28, 2014 | 8:33 AM

Yuk kita latihan soal ujian materi Akuntansi dan Pelaporan Keuangan (Financial Accounting and Reporting). Soal latihan ini bisa digunakan baik untuk CIA Exam maupun untuk CPA Exam. Untuk postingan kali ini, kami coba sajikan 10 soal latihan beserta pembahasannya.

Mangga......, silakan dicoba......, semoga bermanfaat....

Financial Accounting and Reporting - 1

1. To calculate net sales, <List A> must be <List B> cash receipts from customers.
        List A                                                                 List B

A.    An increase in accounts receivable                      Added to

B.    An increase in accounts receivable                     Subtracted from

C.    An increase in accounts payable                         Added to

D.    An increase in accounts payable                        Subtracted from

Pembahasan:
A. Pilihan (A) correct.

Untuk menkonversi dari cash basis (penerimaan kas) ke accrual basis (penjualan bersih), kenaikan piutang bersih harus ditambahkan ke penerimaan kas dari konsumen.

Total penjualan = penjualan kredit + penjualan tunai
Saldo akhir piutang = saldo awal piutang + penjualan kredit – pelunasan piutang.

Jadi,
Penjualan kredit = (Saldo akhir piutang – saldo awal piutang) + pelunasan piutang
Penjualan kredit = (kenaikan saldo piutang) + pelunasan piutang.
Penerimaan Kas dari Konsumen = pelunasan piutang + penjualan tunai

Jadi untuk menghitung net sales:
Total penjualan = {(kenaikan saldo piutang) + pelunasan piutang} + penjualan tunai)
Total penjualan = (kenaikan saldo piutang) + (pelunasan piutang + penjualan tunai)
Total penjualan = (kenaikan saldo piutang) + (Penerimaan Kas dari Konsumen)

B. Pilihan (B) incorrect.
Ketika terjadi penurunan saldo piutang, maka:
Penjualan bersih = (Penerimaan Kas dari Konsumen) – (penurunan saldo piutang).

C. Pilihan (C) incorrect.
Perubahan dalam accounts payable tidak akan dimasukan ke dalam perhitungan penjualan bersih.

D. Pilihan (D) incorrect.
Perubahan dalam accounts payable tidak akan dimasukan ke dalam perhitungan penjualan bersih.

2. On January 1, a new landscaping firm, Bandit28 Co., acquired a fleet of vehicles, all the necessary tools and equipment, and a parking and storage facility. It began operations immediately. It is now the end of the first year of operations, and the first set of year-end financial statements is being prepared.  On April 1, the company arranged a US $100,000, 10% bank loan. Interest payments of US $5,000 are due on October 1 and April 1 of each year during the 5-year term of the loan. If Bandit28 Co. reports expenses on an accrual basis, interest expense for the first year of operations is

A. US $5,000
B. US $7,500
C. US $10,000
D. US $12,500

Pembahasan:
A. Pilihan (A) incorrect.
Interest expense dengan cash basis = US $5,000 = pembayaran bunga pada tanggal 1 Oktober Y1.

B. Pilihan (B) correct.
Interest expense untuk tahun pertama = (pembayaran US $5,000 pada tanggal 1 Oktober) + (bunga akrual selama 3 bulan pada periode berjalan) = ($5,000 + $2,500) = US $7,500.

1 April = mendapat Loan 100,000, 10%/ per tahun = 10,000/ tahun.
1 Oktober Y1 = interest dibayar, 1 April – 1 Oktober = 6 bulan = 5,000
31 Desember Y1 = interest akrual, 1 Oktober – 31 Desember = 3 bulan = 2,500.

C. Pilihan (C) incorrect.
US $10,000 = interest expense selama 12 bulan.

D. Pilihan (D) incorrect.
US $12,500 = interest expense selama 15 bulan.

3. Pada tanggal 1 Desember 2008, PT. Hirasa memutuskan untuk merencanakan melepaskan komponen aset pada bisnis Dani. Pelepasan aset tersebut memenuhi syarat untuk digolongkan sebagai operasi dalam penghentian. Pada tanggal tersebut, Hirasa mengestimasikan bahwa kerugian dari pelepasan aset adalah Rp700 juta, dan kerugian operasi Dani tahun 2008 adalah Rp200 juta. Dengan mengabaikan pengaruh pajak penghasilan, berapa keuntungan (kerugian) neto yang harus dilaporkan untuk operasi dalam penghentian pada laporan laba komprehensif PT Hirasa tahun 2008?

A. Rp0
B. Rp(200 juta)
C. Rp(700 juta)
D. Rp(900 juta)

Pembahasan
A. Pilihan (A) incorrect.
Dalam laporan keuangan, perusahaan menyajikan pengaruh dari Discontinuing Operations pada nilai bersih setelah pajak, disajikan setelah bagian Continuing Operations, namun sebelum bagian Extraordinary Items.

B. Pilihan (B) incorrect.
Rugi Rp200 juta, hanya menyajikan laba/rugi dari operasional Divisi yang Dihentikan, belum termasuk laba/rugi dari pelepasan aset /kewajiban Divisi yang Dihentikan (Rugi Rp700 juta)

C. Pilihan (C) incorrect.
Rugi Rp700 juta, hanya menyajikan laba/rugi dari pelepasan aset /kewajiban Divisi yang Dihentikan, belum termasuk laba/rugi dari operasional Divisi yang Dihentikan (Rugi Rp200 juta)

D. Pilihan (D) correct.

Keuntungan/ kerugian operasi dalam penghentian (Discontinuing Operation) harus dilaporkan terpisah dari keuntungan/ kerugian dari operasi berjalan. Dalam laporan keuangan, perusahaan menyajikan pengaruh dari Discontinuing Operations pada nilai bersih setelah pajak, disajikan setelah bagian Continuing Operations, namun sebelum bagian Extraordinary Items.

Item yang disajikan dalam bagian  Discontinuing Operations adalah laba/rugi dari operasional Divisi yang Dihentikan (yaitu rugi Rp200 juta)  dan laba/rugi dari pelepasan aset /kewajiban Divisi yang Dihentikan (yaitu rugi Rp700 juta), sehingga laba/ rugi dari Discontinuing Operations = Rp200 juta + Rp700 juta = Rp900 juta.

4. Dalam keadaan apakah kapitalisasi biaya pinjaman harus dihentikan apabila ada penundaan aktivitas untuk membangun suatu aset?

A. Penundaan disebabkan karena menunggu penyelesaian dari pekerjaan teknik yang sedang berlangsung
B. Penundaan disebabkan karena menunggu penyelesaian dari pekerjaan administrasi yang sedang berlangsung.
C. Adanya kondisi alam tertentu seperti adanya permukaan air sungai yang sedang pasang.
D. Penundaan aktivitas berlangsung cukup lama dan bukan disebabkan oleh alasan teknis, administratif, ataupun kondisi alam.

Pembahasan
A. Pilihan (A) incorrect.

Kapitalisasi biaya pinjaman harus dihentikan jika pembangunan aset kualifikasian tersebut ditunda dalam waktu yang cukup lama dan dan bukan disebabkan oleh alasan teknis, administratif, ataupun kondisi alam.

Oleh karena itu, kapitalisasi biaya pinjaman tetap dilakukan selama periode penundaan yang disebabkan untuk menunggu penyelesaian dari pekerjaan teknik yang sedang berlangsung.

B. Pilihan (B) incorrect.
Kapitalisasi biaya pinjaman harus dihentikan jika pembangunan aset kualifikasian tersebut ditunda dalam waktu yang cukup lama dan dan bukan disebabkan oleh alasan teknis, administratif, ataupun kondisi alam.

Oleh karena itu, kapitalisasi biaya pinjaman tetap dilakukan selama periode penundaan yang disebabkan untuk menunggu penyelesaian dari pekerjaan administrasi yang sedang berlangsung.

C. Pilihan (C) incorrect.
Kapitalisasi biaya pinjaman harus dihentikan jika pembangunan aset kualifikasian tersebut ditunda dalam waktu yang cukup lama dan dan bukan disebabkan oleh alasan teknis, administratif, ataupun kondisi alam.

Oleh karena itu, kapitalisasi biaya pinjaman tetap dilakukan selama periode penundaan yang disebabkan adanya kondisi alam tertentu seperti adanya permukaan air sungai yang sedang pasang..

D. Pilihan (D) correct.
Berdasarkan PSAK 26: Biaya Pinjaman, kapitalisasi biaya pinjaman harus dihentikan jika:
1) konstruksi aset tersebut telah diselesaikan.
2) pembangunan aset kualifikasian tersebut ditunda dalam waktu yang cukup lama dan dan bukan disebabkan oleh alasan teknis, administratif, ataupun kondisi alam.

5.On December 31, year 1, Brooks Co. decided to end operations and dispose of its assets within three months. At December 31, year 1, the net realizable value of the equipment was below historical cost. What is the appropriate measurement basis for equipment included in Brooks’ December 31, year 1 balance sheet?

A. Historical cost.
B. Current reproduction cost.
C. Net realizable value.
D. Current replacement cost.

Pembahasan
A. Pilihan (A) incorrect.

Historical cost lebih tepat digunakan sebagai dasar pengukuran untuk aset-aset dari entitas yang masih beroperasi karena nilai tersebut menggambarkan kemungkinan manfaat masa depan, yang menjadi karakteristik SFAC 6: Elements of Financial Statements.

B. Pilihan (B) incorrect.
Current reproduction costs lebih tepat digunakan sebagai dasar pengukuran untuk aset-aset dari entitas yang masih beroperasin karena nilai tersebut menggambarkan kemungkinan manfaat masa depan, yang menjadi karakteristik SFAC 6: Elements of Financial Statements.

C. Pilihan (C) correct.

FASB Codification memberikan panduan bagaimana penentuan gain atau loss dari disposal komponen business. Menurut panduan tersebut, penentuan tersebut (untuk disposal komponen bisnis) seharusnya didasarkan pada estimasi nilai net realizable value dari komponen tersebut. Karena Brooks Co. berencana untuk menghentikan seluruh operasinya, maka basis pengukuran yang layak untuk equipment-nya adalah net realizable value.

D. Pilihan (D) incorrect.
Current replacement costs lebih tepat digunkan sebagai dasar pengukuran untuk aset-aset dari entitas yang masih beroperasi karena nilai tersebut menggambarkan kemungkinan manfaat masa depan, yang menjadi karakteristik SFAC 6: Elements of Financial Statements.

6. Lin Co., a distributor of machinery, bought a machine from the manufacturer in November year 1 for $10,000. On December 30, year 1, Lin sold this machine to Zee Hardware for $15,000, under the following terms: 2% discount if paid within thirty days, 1% discount if paid after thirty days but within sixty days, or payable in full within ninety days if not paid within the discount periods. However, Zee had the right to return this machine to Lin if Zee was unable to resell the machine before expiration of the ninety-day payment period, in which case Zee’s obligation to Lin would be canceled. In Lin’s net sales for the year ended December 31, year 1, how much should be included for the sale of this machine to Zee?

A. $0
B. $14,700
C. $14,850
D. $15,000

Pembahasan
A. Pilihan (A) correct.

Pendapat dari penjualan produk yang mengandung hak return, dapat diakui pada saat terjadi penjualan ketika seluruh kondisi berikut terpenuhi:
1. Harga secara substansial tetap atau dapat ditentukan pada tanggal penjualan.
2. Pembeli telah bayar atau berkewajiban tanpa syarat (tidak contigent) untuk membayar.
3. Kewajiban tidak berubah karena kejadian pencurian, kehancuran, atau kerusakan dari produk tersebut.
4. Pembeli memiliki “substansi ekonomi” terpisah dari penjual (yakni: penjualan tidak dilakukan dengan pihak yang dibentuk terutama bertujuan untuk dalam rangka pengakuan pendapatan penjualan).
5. Penjual tidak memiliki kewajiban signifikan untuk bertanggung jawab secara langsung menyebabkan terjadinya resale produk tersebut.
6. Jumlah return di masa depan dapat diestimasi secara layak.

Karena pembeli, Zee, memiliki hak untuk mengembalikan mesin kepada seler, Lin, jika Zee tidak dapat menjual kembali produk tersebut dalam waktu kurang dari 90 hari, maka kondisi (2) di atas tidak terpenuhi. Oleh karena itu, terhadap transaksi tersebut, Lin belum boleh mengakui pendapatan penjualan dan harga pokok penjualan.

B. Pilihan (B) incorrect.
Traksaksi tidak memenuhi syarat kondisi (2) untuk pengakuan penjulan, sehingga tidak ada pengakuan pendapatan penjualan dan harga pokok penjualan.

C. Pilihan (C) incorrect.

Traksaksi tidak memenuhi syarat kondisi (2) untuk pengakuan penjulan, sehingga tidak ada pengakuan pendapatan penjualan dan harga pokok penjualan.

D. Pilihan (D) incorrect.
Traksaksi tidak memenuhi syarat kondisi (2) untuk pengakuan penjulan, sehingga tidak ada pengakuan pendapatan penjualan dan harga pokok penjualan.

7. Which of the following is not one of the criteria for revenue recognition for sales of goods under IFRS?

A. The significant risks and rewards of ownership of goods are transferred.
B. Payment has been received.
C. The entity does not retain either a continuing managerial involvement or control over the goods.
D. The costs incurred can be measured reliably.

Pembahasan
A. Pilihan (A) incorrect.

Pilihan A merupakan kriteria (1) pengakuan pendapatan di bawah IFRS.

B. Pilihan (B) correct.
Substansi pertanyaan adalah untuk identifikasi item-item yang bukan sebagai kriteria pengakuan pendapatan untuk penjualan barang under IFRS. Pilihan (B) tidak benar karena syarat tersebut (pembayaran telah diterima) tidak termasuk 5 kriteria pengakuan pendapat di bawah IFRS.

Di bawah IFRS, pendapatn diakui pada fair value dari konsideran yang diterima atau piutang, sebesar nilai net trade discounts atau rebates. Pendapatan diakui dari trasaksi penjualan barang, jika seluruh 5 kriteria berikut terpenuhi:
(1) Risiko signifikan dan manfaat kepemilikan dari barang tersebut telah beralih ke pembeli;
(2) Entitas penjual tidak menguasai keterlibatan manajemen berkelanjutan atau kontrol atas barang tersebut.
(3) Nilai pendapatan dapat diukur secara andal.
(4) Kemungkinan besar manfaat ekonomi akan mengalir ke entitas penjual dari transaksi tersebut, dan
(5) Biaya yang terjadi dapat diukur secara andal.

C. Pilihan (C) incorrect.
Pilihan C merupakan kriteria (2) pengakuan pendapatan di bawah IFRS.

D. Pilihan (D) incorrect.
Pilihan D merupakan kriteria (5) pengakuan pendapatan di bawah IFRS.

8. A newly acquired plant asset is to be depreciated over its useful life. The rationale for this process is the:

A. Economic entity assumption.
B. Monetary unit assumption.
C. Materiality assumption.
D. Going concern assumption.

Pembahasan
A. Pilihan (A) incorrect.

Asumsi entitas ekonomi menyatakan bahwa aktifitas ekonomi dapat diidentifikasikan pada akuntabilitas unit tertentu.

B. Pilihan (B) incorrect.
Asumsi unit monetary menyatakan bahwa seluruh transaksi dan kejadian dapat diukur pada denominator yang umum, misal: rupiah.

C. Pilihan (C) incorrect.
Materialitas merupakan bagian aspek dari relevance, suatu fundamental qualitative characteristic. Informasi dinyatakan material jika informasi tersebut mampu mempengaruhi keputusan user. Maka, dalam kasus aset pabrik, item-item tertentu dapat dibebankan daripada dikapitalisasi dan didepresiasi, karena item tersebut tidak bernilai material. Perbedaan dalam perlakuan tidak banyak mempengaruhi user jika item-item tersebut tidak material.

D. Pilihan (D) correct.
Ciri dasar dari financial accounting adalah bahwa entitas diasumsikan terus beroperasi (going concern), ketika tidak  ada indikasi yang menunjukan keadaan sebaliknya. Konsep going concern didasarkan pada pengamatan empiris bahwa banyak entitas yang memiliki umur tidak terbatas. Entitas pelaporan diasumsikan memiliki umur panjang yang cukup untuk mencapai tujuan dan komitmennya, dan mendepresiasi aset-asetnya selama masa umur manfaat nya.

9.An entity has appropriately used the installment method of accounting since it began operations at the beginning of the current year. The following information pertains to its operations for this year:
Installment sales                                          US $ 1,200,000
Cost of installment sales                                         840,000
Collections on installment sales                              480,000
General and administrative expenses                     120,000

The amount of gross profit deferred at the end of the current year should be:

A. US $720,000
B. US $288,000
C. US $216,000
D. US $144,000

Pembahasan:
A. Answer (A) is incorrect.

US $720,000 = saldo akhir tahun Akun Piutang Cicilan = ($1,200,000 installment sales - $480,000 collections)

B. Answer (B) is incorrect.
Gross profit ditangguhkan = US $288,000, jika persentase gross profit = 40%, dihitung dari = ($480,000 collections : $1,200,000 installment sales).

C. Answer (C) is correct.
Jumlah laba kotor installment sales = US $360,000 ($1,200,000 installment sales - $840,000 cost of installment sales).

Persentase laba kotor = 30% (US $360,000 gross profit ÷ $1,200,000 installment sales),
Saldo gross profit ditangguhkan pada akhir tahun berjalan = US $216,000 [($1,200,000 installment sales - $480,000 collections) × 30%].

General and administrative expenses tidak mempengaruhi perhitungan of realized gross profit or deferred gross profit. They are to be classified as operating expenses on the income statement in the period in which they are incurred.

D. Answer (D) is incorrect.
Gross profit ditangguhkan = US $144,000, jika dengan menambahkan beban general and administrative sebagai biaya installment sales (termasuk cost of installment sales US $840,000) maka persentase margin = 20%,

10. A physical inventory count showed an entity had inventory costing US $1,000,000 on hand at December 31, Year 1. Excluded from this amount were the following:
a. Goods costing US $82,000, shipped to a customer free on board (FOB) shipping point on December 28, Year 1. They were expected to be received by the customer on January 4, Year 2.
b. Goods costing US $122,000, shipped to a customer free on board (FOB) destination December 30, Year 1. They were expected to be received by the customer on January 5, Year 2.

Compute the correct ending inventory to be reported on the shipper’s statement of financial position at December 31, Year 1.

A. US $1,000,000
B. US $1,082,000
C. US $1,122,000
D. US $1,204,000

Pembahasan:
A. Pilihan (A) incorrect.

US $1,000,000 = tidak termasuk barang yang dikirim dengan FOB Shipping Point (a) US $82,000 dan FOB Destination (b) US $122,000.

B. Pilihan (B) incorrect.

US $1,082,000 = termasuk barang yang dikirim dengan FOB Shipping Point (a) US $82,000, namun tidak termasuk FOB Destination (b) US $122,000.

C. Pilihan (C) correct.
Barang persediaan yang keluar gudang penjual untuk dikirim dengan syarat FOB shipping point yang seharusnya diakui sebagai aset pembeli, bukan penjual, karena dengan metode tersebut, hak dan risiko telah beralih ke pembeli saat terjadi pengiriman. Maka, persediaan ini telah benar untuk tidak dimasukan dalam perhitungan saldo persediaan akhir dari Penjual.

Barang yang dikirim dengan FOB destination secara tidak layak tidak dimasukan dalam perhitungan saldo akhir penjual. Hak dan risiko kerugian tidak beralih ke pembeli, sampai dengan saat barang tersebut tiba di tempat tujuan dan telah sepantasnya diterima oleh Pembeli.

Oleh karena itu, saldo akhir yang benar adalah US $1,122,000 ($1,000,000 saldo awal + $122,000 barang dikirim dengan FOB destination).

D. Pilihan (D) incorrect.
US $1,204,000 = termasuk barang yang dikirim dengan FOB Shipping Point (a) US $82,000 dan FOB Destination (b) US $122,000.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

  • Posts
  • Comments
  • Pageviews



 
Support : IIA Website | CPA Room | Your Link
Copyright © 2015. Internal Auditor's Corner - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger