-->
Home » , » Tips for CPA Exam

Tips for CPA Exam

Written By Yulias Sihombing on Monday, November 3, 2014 | 11:31 PM

Tips CPA Exam by Internal Auditor Corner
Tips CPA Exam - Yulias Sihombing
Sekali lagi, postingan ini saya buat karena ada beberapa kawan nanya tips gimana saya bisa lulus CPA Exam on first attempt. Beberapa kawan minta bahan materi belajar saya, dan karena yang minta kawan maka saya kasih pinjam materi yang saya gunakan. Tampaknya beberapa kawan berpikir saya bisa lulus langsung karena buku yang saya baca.

Tips for CPA Exam

Dugaan kawan-2 benar tapi salah. Benar karena memang saya baca buku materi, Salah karena saya bukan hanya baca buku, tetapi saya juga banyak diskusi, baca dan latihan dari banyak referensi. Jadi kalo mau pinjam buku ke saya, ya saya ga mungkinlah kasih semua, bisa-bisa buku saya dirumah nanti jadi kosong.

Bukan hanya materi review yang saya pelajari, banyak referensi lain yang saya pelajari, termasuk hasil diskusi dengan kawan-kawan dan praktek dalam penugasan audit. Misal untuk praktek penugasan, setiap melakukan prosedur audit, saya berusaha membaca kembali ke SPAP untuk memastikan bahwa langkah audit saya benar. Setiap buat laporan audit, saya liat lagi SPAP.

Ok, sebelum masuk ke tips gimana lulus CPA Exam, saya ingin sedikit cerita dulu gimana proses saya daftar, ujian, ampe dinyatakan lulus. Kronologi ini saya ceritakan untuk menunjukan bahwa metode belajar saya cukup efektif, untuk ukuran auditor berkelas rata-rata seperti saya. Kronologis:
1. Daftar ujian CPA tanggal 14 Juli 2014, dengan masa berlaku voucher s.d. 8 Agustus 2014, dengan diskon Lebaran 50% , jadi saya bayar total Rp4,5 juta saja. Saya ambil periode diskon karena saya PNS, dengan biaya sendiri, jadi maklum lah.
2. Ujian tanggal 5, 6, 7, dan 8 Agustus 2014, jadi waktu antara daftar ke ujian = hanya 3 minggu.
3. Pengumuman kelulusan 31 Oktober 2014.
Loh koq bisa cepat sekali masa belajar persiapan ujian, hanya 3 minggu? Nah disinilah tipsnya.

Tips 1: persiapakan diri anda sejauh mungkin.

Saya memang niat sudah dari bulan Mei 2014 untuk ikut ujian CPA, jadi dari bulan Mei 2014 saya sudah mencari informasi referensi buku, materi review, diskusi dengan kawan. Saya sih ga ikut review, tetapi saya pinjam buku review dari teman kantor yang baru saja ikut review. Buat kawan yang memiliki kemampuan rata-rata seperti saya, siapkan waktu anda minimal 3 jam sehari untuk belajar materi ujian selama minimal 20 minggu. Daftarlah ujian ketika anda merasa yakin siap atau saat ada periode diskon (bagi yang biaya sendiri). Tips yang sama sudah saya dapat dilihat dalam posting Tips and Trick for CIA Exam .

Tips 2: perbanyak referensi materi belajar.

Gunakan materi review sebagai referensi silabus. Terus terang, saya kurang begitu paham silabus yang diuji di CPA Exam, namun saya menggunakan buku review sebagai patokan silabus. Apa yang ada dibuku review, saya perdalam lagi dari referensi lain. Artinya...., belajar jangan hanya dari buku review, tetapi di explore, diperdalam, diperlebar, didiskusikan, dan dilatih dengan referensi lainnya. 
  • Misal perdalam materi dari hasil googling, belajar buku Kieso, Wiley, aturan Bappepam, kerjakan latihan USKP, dll, dll, dll. 
  • Misal: akuntansi manajemen: coba baca materi akuntansi manajemen yang umumnya keluar, latihan soal dari sumber manapun.

Tips 3: Belajar, Kerja, Belajar, Kerja, Belajar, Kerja (Kabinet Belajar Kerja)

Kebanyakan dari kita adalah pegawai. Jadi kita sedikit punya waktu tersedia untuk belajar. Pagi ampe sore = kerja, malem = jatah anak, tengah malem = jatah bini, dah ga ada lagi waktu belajar. Nah disinilah tantangannya, CPA Exam butuh komitmen kita untuk belajar. Sediakan waktu disela-sela jam kerja untuk belajar, setidaknya 1,5 jam, dan sediakan waktu dirumah saat malam setidaknya 1,5 jam tuk belajar lagi. Yah..., anak dan bini berkorban dikitlah selama 20 minggu ga dicolek-colek. Apalagi sabtu minggu, perbanyak jam belajar.
 
Untuk tips lainnya sebenarnya sama dengan apa yang pernah saya sampaikan dalam posting Tips and Trick for CIA Exam , karena menurut saya apapun ujiannya hal yang utama adalah Tips 1, 2, 3 tersebut.  Selain itu, yang terpenting dari terpenting adalah berdoa, minta kemudahan dari Tuhan, minta restu dari istri, anak, orang tua, mertua 1, mertua 2, dan mertua 3. 

Sebenarnya bisa aja sih belajar santai, namun besar kemungkinan anda akan lulus dalam waktu yang lama dan akan ujian ulang beberapa kali. Tips ini berlaku kalo kawan-kawan ingin cepat lulus.

Demikian tips for CPA Exam dari saya, semoga bermanfaat.
Share this article :

6 comments:

  1. Hi Pak Yulias.. terima kasih info nya. Apakah bisa tolong di share buku dan review CPA untuk bahan latihan? Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  2. Trims atensinya, namun mohon maaf bahan buku review saya dah dipinjem ama teman di kantor.
    Coba cari aja di googling materi CPA Exam, atau di blog saya ada beberapa contoh latihan soal untuk CPA, CIA maupun CISA.

    ReplyDelete
  3. Noted with thanks Pak Yulias :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pagi pa yulias... pa yulias saya juga pengen ikutan CPA nih kebetulan sama saya juga PNS, terus waktu pendafataran ujian CPA perlu referensi dari Kantor Akuntan Publik juga atau bagaimana berhubung saya juga PNS... makasih sebelumnya

      Delete
    2. Cukup rekomendasi dari atasan langsung Pak, kalo saya dulu pake referensi dari Direktur di Direktorat saya. Referensi KAP kalo kita kerja di KAP.

      Delete
    3. harus punya pengalaman kerja di KAP ngga pa kalau sayalihat di persyaratannya harus punya pengalaman bekerja di KAP minimal 5 tahun

      Delete

Total Pageviews

  • Posts
  • Comments
  • Pageviews



 
Support : IIA Website | CPA Room | Your Link
Copyright © 2015. Internal Auditor's Corner - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger